Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KISAH NABI ADAM AS

 

Setelah Allah menciptakan alam semesta dan menyempurnakannya, langitpun indah dan bumi menjadi hijau dipenuhi hutan ,lautan dan sungai sungai yang panjang serta hewan hewan pun telah berkembang biak didalamnya. Dan didalam surga allah mengumpulkan para malaikat dan berfirman : sesungguhnya aku hendak menjadikan khalifah di muka bumi. Malaikat menjawab : apakah engkau hendak menjadikan orang yang merusak dan menumpahkan darah disana sedangkan kami bertasbih memujimu dan mensucikan namamu.  Allah pun menjawab dalam firmannya : Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui

Kemudian Allah menciptakan manusia yang hendak dijadikan khalifah itu tercipta dari tanah liat . Setelah sempurna penciptaannya Allah meniupkan ruh kedalamnya, manusia pertama ini yang dinamai adam. berbeda dengan para malaikat, adam dikaruniai akal sehingga mempunyai kemampuan berfikir yang kuat. Allah mengajarkan nama benda benda yang ada, kemudian Allah memperkenalkan kepada penghuni surga. Dan berkata kepada malaikat,sebutkanlah benda benda ini. namun para malaikat tidak bisa menyebutkannya.

lalu Allah menyuruh adam untuk menyebutkan benda-benda itu, dan Adam bisa menyebutkan semuanya.Allah berfirman : sujudlah kalian kepada Adam maka semua para malaikat pun bersujud untuk menghormatinya. akan tetapi iblis enggan untuk bersujud, Allah pun menegur iblis kenapa kamu tak mau bersujud kepada adam ? iblispun menjawab dengan sombongnya: Aku lebih baik dari dia, engkau ciptakan aku dari api sedangkan adam dari tanah. Allah berfirman : wahai iblis, keluarlah kamu dari surga, kamu terkutuk dan terlaknat sampai hari kiamat. 

Iblis berkata : Ya Allah tuhanku, berilah aku umur panjang sampai hari kiamat dan aku akan menggoda dan menyesatkan. seluruh manusia kecuali hamba-hambamu yang ikhlas diantara mereka. Allah berfirman : kamu diberi umur yang panjang sampai waktu yang ditentukan, sesungguhnya kamu tidak bisa menjerumuskan hamba-hambaku, yang mengikutimu hanyalah orang orang yang sesat.

kemudian adam tinggal bahagia di surga dan allah menciptakan hawa untuk menemaninya, wanita pertama dari tulang rusuk adam. semakin bahagialah, adam dan hawa tinggal di surga, semua serba ada dan indah luar biasa makanan lezat tersajikan, pakaian yang bagus, istana yang megah sangat nyaman untuk tempat tinggal dan mereka pun bebas untuk berjalan-jalan menyusuri surga yang teramat luas nan indah. Allah hanya melarang mereka untuk mendekati sebatang pohon saja . Adam dan hawa pun patuh atas perintah Allah, dan tidak mendekati pohon tersebut.

Iblis yang mendengar larangan tersebut, langsung menyusun rencana jahat. dia berusaha sekuat tenaga untuk menjerumuskan Adam dan Hawa agar melanggar larangan Allah. Allah yang Maha Tahu Selalu memperingati Adam dan Hawa dengan firmannya : Wahai Adam setan itu adalah musuhmu dan musuh istrimu berhati hatilah, jangan sampai dia mencelakakan kalian dan mengeluarkan kalian dari surga.

Iblis lalu mencari kesempatan untuk menggoda adam dan hawa secara halus dan terang terangan dengan berbagai macam cara. dia berusaha agar mereka berdua melanggar larangan Allah, agar adam dan hawa mendekati pohon terlarang itu. Iblis berkali2 membujuk mereka dengan hiasan sumpahnya, Iblis berkata : pohon khuldi adalah pohon kekekalan jika engkau memakannya maka engkau akan kekal bagaikan malaikat yang hidup disurga. Akhirnya tergodalah adam dan hawa, dan memakan buah tersebut.Tak lama dia memakannya, Allah yang Maha Tahu menegurnya : Sudahkah aku bilang, janganlah kamu dekati pohon tersebut, apalagi memakannya dan setan itu adalah musuh yang nyata. Adam dan Hawa pun tersungkur malu ketika itu, dan memohon ampunannya dengan mengucapkan kemudian Allahpun menerima taubat mereka dan mengampuni mereka, tetapi tetaplah keputusan Allah : Turunlah kalian ke bumi, di bumilah tempat tinggal kalian. maka turunlah adam dan hawa ke bumi meninggalkan segala keindahan di surga.

Mulai saat itu mereka mulai mengupayakan makanan, pakaian dan tempat tinggal dengan tangan mereka sendiri. Ketika adam dan hawa di turunkan ke bumi, mereka ditempatkan terpisah. setelah bertahun-tahun berpisah mereka saling mencari sehingga Allah pertemukan mereka dipadang arafah, di jabal rahmah dan mereka berdua bekerja keras dengan tenaga dan fikiran untuk membangun kehidupan di bumi dan selalu tekun dalam ibadah kepada Allah memang dibumilah penugasan adam sebagai khalifah adam dan hawa dikaruniai 20 pasang anak kembar, masing masing pria dan wanita sejak saat itu manusia terus berkembang di bumi dengan mengemban tugas sebagai khalifah atau pengatur alam raya.


Pelajaran yang dapat kita petik dari kisah ini adalah

1. Janganlah pernah kita melanggar perintah Allah dan jauhilah segala larangan-Nya

2. Janganlah Angkuh atau sombong, Sebagaimana Iblis yang sombong dan Allah sangat tidak menyukai bila ada hambanya yang sombong.

3. Tatkala kita berbuat salah, bertaubatlah atau meminta maaflah kepada Allah. Sungguh, Allah Maha 

Pengampun.

Hafiz Adriansyah
Hafiz Adriansyah Aku hanya seorang guru mengaji dan guru Agama Islam di sekolah Highscope Indonesia. Aku Alumni Gontor dan Al-Azhar Mesir. Semoga tulisan ini menambah wawasan dan ilmu yang bermanfaat untuk kita semua. Amien

Posting Komentar untuk "KISAH NABI ADAM AS "