Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MUKJIZAT NABI IBRAHIM AS

 MUKJIZAT NABI IBRAHIM AS


Nabi Ibrahim merupakan salah satu Nabi yang banyak di ceritakan dalam Al-Qur'an, Beliau termasuk dalam kelompok Nabi Ulul Azmi, Gelar beliau pun Khalilullah ( Kekasih Allah ).

Nabi Ibrahim dan anaknya Nabi Ismail dikenal sebagai peninggi pondasi ka'bah yang kemudian sekarang menjadi kiblat umat islam diseluruh dunia. Subhanallah

Nabi Ibrahim diberikan mukjizat, yang di antaranya adalah 

1. Mengeluarkan susu dari jarinya

Mukjizat ini terjadi ketika pada masa Nabi Ibrahim baru dilahirkan,Raja yang jahat ketika itu memberikan aturan bahwa setiap anak bayi laki-laki yang baru lahir harus dibunuh, karena Raja Namrud ketakutan terhadap peramal yang mengatakan bahwa kerajaannya akan dihancuri oleh anak laki-laki yang lahir pada tahun tersebut.

Akhirnya, kedua orang tua Nabi Ibrahim menempatkan Nabi Ibrahim didalam gua. Semua itu karena agar Nabi Ibrahim selamat dari kejaran raja Namrud.

Ternyata, beberapa kali orang tuanya nabi ibrahim meninggalkannya didalam gua, Ibrahim yang masih bayi itu dalam keadaan sehat dan bahkan bertambah berat badannya. Sehingga baru kelihatanlah, ternyata keluar dari jari jemarinya, susu. Sehingga bisa meminumnya, subhanallah, itu semua atas izin Allah.

2. Tidak dapat dibakar oleh Api yang membara.

Tidak dapat dibakar api ini terjadi ketika Nabi Ibrahim sudah dewasa dan melakukan perlawanan terhadap Raja Namrud yang jahat.

Raja Namrud adalah raja yang jahat dan kafir, menyuruh kaumnya untuk menyembah berhala (patung-patung) bahkan Raja Namrud membuat kuil atau tempat yang berisi banyak berhala.

Kemudian Nabi Ibrahim menghancurkan berhala-berhala itu, kecuali yang paling besar. Nabi Ibrahim sisakan, dan mengkalunginya dengan kampaknya (alat untuk menghancurkan berhala tersebut).

Mengetahui hal tersebut Raja Namrud marah besar dan menuduh Nabi Ibrahim yang melakukan hal tersebut. Nabi Ibrahim pun mengelak, dan beralasan mungkin yang menghancurkannya adalah patung besar itu coba tanya saja terhadapnya.

Raja Namrud pun bertambah marah, mana mungkin patung bisa diajak bicara. Terdapat didalam surat Al-Anbiya ayat 63 :


قَالَ بَلْ فَعَلَهٗ كَبِيْرُهُمْ هٰذَا فَسْـَٔلُوْهُمْ اِنْ كَانُوْا يَنْطِقُوْنَ - ٦٣


Dia (Ibrahim) menjawab, “Sebenarnya (patung) besar itu yang melakukannya, maka tanyakanlah kepada mereka, jika mereka dapat berbicara.

Raja Namrud pun memutuskan untuk membakar Nabi Ibrahim hidup-hidup, Nabi Ibrahim pun berdo'a, meminta pertolongan Allah. Allah pun mengabulkannya.


قُلْنَا يَا نَارُ كُوْنِيْ بَرْدًا وَّسَلٰمًا عَلٰٓى اِبْرٰهِيْمَ ۙ - ٦٩


Kami (Allah) berfirman, “Wahai api! Jadilah kamu dingin, dan penyelamat bagi Ibrahim!”


3. Menghidupkan 4 burung yang sudah mati dicincangnya.

Mukjizat ini diceritakan didalam Al-Qur'an Surat Al-Baqarah ayat 260.


وَاِذْ قَالَ اِبْرٰهٖمُ رَبِّ اَرِنِيْ كَيْفَ تُحْيِ الْمَوْتٰىۗ قَالَ اَوَلَمْ تُؤْمِنْ ۗقَالَ بَلٰى وَلٰكِنْ لِّيَطْمَىِٕنَّ قَلْبِيْ ۗقَالَ فَخُذْ اَرْبَعَةً مِّنَ الطَّيْرِفَصُرْهُنَّ اِلَيْكَ ثُمَّ اجْعَلْ عَلٰى كُلِّ جَبَلٍ مِّنْهُنَّ جُزْءًا ثُمَّ ادْعُهُنَّ يَأْتِيْنَكَ سَعْيًا ۗوَاعْلَمْ اَنَّ اللّٰهَ عَزِيْزٌحَكِيْمٌ ࣖ - ٢٦٠


Dan (ingatlah) ketika Ibrahim berkata, “Ya Tuhanku, perlihatkanlah kepadaku bagaimana Engkau menghidupkan orang mati.” Allah berfirman, “Belum percayakah engkau?” Dia (Ibrahim) menjawab, “Aku percaya, tetapi agar hatiku tenang (mantap).” Dia (Allah) berfirman, “Kalau begitu ambillah empat ekor burung, lalu cincanglah olehmu kemudian letakkan di atas masing-masing bukit satu bagian, kemudian panggillah mereka, niscaya mereka datang kepadamu dengan segera.” Ketahuilah bahwa Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana.


Hafiz Adriansyah
Hafiz Adriansyah Aku hanya seorang guru mengaji dan guru Agama Islam di sekolah Highscope Indonesia. Aku Alumni Gontor dan Al-Azhar Mesir. Semoga tulisan ini menambah wawasan dan ilmu yang bermanfaat untuk kita semua. Amien

Posting Komentar untuk "MUKJIZAT NABI IBRAHIM AS"