Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KECELAKAAN PESAWAT, MATI SYAHIDKAH ?

 

KECELAKAAN PESAWAT, MATI SYAHIDKAH ?


Syahid, kata jamaknya adalah syuhada merupakan salah satu terminologi dalam islam yang artinya adalah seorang muslim yang meninggal berperang atau berjuang dijalan Allah.

Serta membela kebenaran dan mempertahankan yang hak dengan penuh kesabaran dan keikhlasan untuk menegakkan agama Allah.

Mati syahid artinya mati dalam kondisi disaksikan oleh penduduk langit. Yang insyaallah mendapat pahala besar selama dalam hidupnya dalam kebaikan.

Tahukah kamu orang yang pertama kali mati syahid dalam islam yaitu adalah Sumayyah Binti Khayyat, yang meninggal disebabkan disiksa oleh Abu Jahal dengan menusukkan sangkur. Beliau meninggal memberikan contoh yang baik dan mulia bagi kita dalam hal keberanian dan keimanan. 

Mati syahid termasuk khusnul khatimah, akan tetapi khusnul khatimah belum tentu meninggal dalam keadaan syahid.

Karena meninggal dalam keadaan syahid memiliki kategori yang tertentu yaitu yang terdapat dalam hadist riwayat Malik, Abu Dawud, Nasai, Ibnu Majah di bawah:

الشهداء سبعة سوى القتل في سبيل الله : المطعون شهيد والغرق شهيد وصاحب ذات الجنب شهيد والمبطون شهيد والحرق شهيد والذي يموت تحت الهدم شهيد والمرأة تموت بجمع شهيدة


Artinya: Syuhada ada tujuh selain terbunuh dijalan Allah: yang mati karena wabah tha’un, yang tenggelam, yang mati karena sakit bengkak yang panas pada selaput dada, yang sakit perut, yang mati terbakar, yang mati terkena reruntuhan, dan wanita yang mati setelah melahirkan (atau sedang hamil).

Apakah kecelakaan pada pesawat menyebabkan seseorang mati syahid ?

Semua tergantung iman dan niatnya, dia muslim atau muslimahkah dan Innamal a'malu binniyat (amal itu tergantung niatnya), Kalau dia beriman kepada Allah dan niatnya baik, Insyaallah Meninggalnya yang disebabkan kecelakaan pesawat tersebut dalam keadaan syahid. 

Berikut adalah 9 golongan orang-orang yang meninggal dalam keadaan syahid :

1. Berperang dijalan Allah

2. Wabah Penyakit

3. Sakit Perut

4. Tenggelam

5. Karena luka lambung

6. Korban Kebakaran

7. Tertimpa reruntuhan

8. Seorang istri yang sedang melahirkan

9. Siapa yang terbunuh untuk membela hartanya 


Wallahu a'lam bissowab


Hafiz Adriansyah
Hafiz Adriansyah Aku hanya seorang guru mengaji dan guru Agama Islam di sekolah Highscope Indonesia. Aku Alumni Gontor dan Al-Azhar Mesir. Semoga tulisan ini menambah wawasan dan ilmu yang bermanfaat untuk kita semua. Amien

Posting Komentar untuk "KECELAKAAN PESAWAT, MATI SYAHIDKAH ?"