Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

GAMPANGNYA PEREMPUAN ITU MASUK SURGA

 GAMPANGNYA PEREMPUAN ITU MASUK SURGA. JAUH LEBIH MUDAH DIBANDING LAKI-LAKI 



Kok bisa begitu? Iya Rasululloh yang bilang. Kl kita beriman kepada Rasululloh dengan sebenar-benarnya iman. Ga setengah2, maka apa yang Rasul ucapkan pasti kita imani dan yakini juga menerimanya. 

Emang Rasul bilang apa? Ini dia. Yukk kita jadikan renungan supaya surga itu menanti kita. Sebab kematian sepertinya sudah di depan mata. Maka berusahalah mati yang indah. Ini ucapan Rasul: 


إِذَا صَلَّتِ الْمَرْأَةُ خَمْسَهَا وَصَامَتْ شَهْرَهَا وَحَفِظَتْ فَرْجَهَا وَأَطَاعَتْ زَوْجَهَا قِيلَ لَهَا ادْخُلِى الْجَنَّةَ مِنْ أَىِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شِئْتِ


“Jika seorang wanita selalu menjaga shalat lima waktu, juga berpuasa sebulan (di bulan Ramadhan), serta betul-betul menjaga kemaluannya (dari perbuatan zina) dan benar-benar taat pada suaminya, maka dikatakan pada wanita yang memiliki sifat mulia ini, “Masuklah dalam surga melalui pintu mana saja yang engkau suka.” (HR. Ahmad dan Ibnu Hibban) 

Subhanallah. Dia dirindukan surga dan akan dipanggil-panggil surga seakan semuanya berebut ingin dimasukinya. Subhanallah. 

Ucapan Rasul ini bukan buat saya yang laki-laki. Bukan juga buat para saudara2ku yang sama laki-laki. hadits ini Rasul ucapkan spesial buat kamu para perempuan. 

Ternyata cuma 4 syaratnya. Ya Rabbiii cuma 4 aja. Disaat laki-laki banyak benar yang harus ditanggungjawabi. Sementara perempuan cuma 4. Apa itu yang 4? 


1. Jaga sholat yang 5 waktu saja. Yang wajib saja. Dzuhur, ashar, magrib, isya, subuh. Itu aja. Rasul ga sebutkan harus sholat malam, sholat dhuha, sholat rawatib, sholat tahajjud, dll. YANG WAJIB SAJA. INGAT YANG WAJIB SAJA. mungkin banyak diantara kita sudah melakukannya. Maka berbahagialah dan teruslah menjaganya.


2. Jaga Puasa yang wajib saja. PUASA RAMADHAN. Itu aja. Ga perlu puasa ayyamul bidh. Puasa senin kamis. Puasa Daud. Puasa muharram. Puasa2 sunnah lainnya. GA PERLU. Cukup jaga puasa ramadhan. Jika saat ramadhan haidh, hitung berapa yang batal lalu segerakan dibayar setelahnya. Itu aja. Jaga. Sudah deh. Enak yah. 


3. Jaga diri dari perzinahan. Buat yang gadis ingat! Jadilah perempuan yang mahal, jangan jadi perempuan yang murahan. Sebab saat terjadi perzinahan, pihak yang paling sangat dirugikan adalah perempuan. Laki-laki ga ada bekas. Perempuan? Banyak bekasnya. Bagi orangtua yang punya anak gadis, jaga jangan sampai bablas. Dan bagi yang sudah bersuami, jaga diri. Sebab konsekuensinya lebih berat yang sudah bersuami dibanding dengan yang belum menikah. Ngeri. 

Wahhh insya Allah bisa yah kita jaga ini. Berbahagialah yang terus bisa menjaganya. 

Terakhir yang ke 4. Jaga suami dengan taat kepadanya. Zaman dulu mungkin taatnya istri lebih parah dibanding sekarang. Kl sekarang suami bahkan bantuin tugas2 istrinya. Sering kerja sama dalam apapun. Maka sebenernya kondisi zaman sekarang lebih mudah untuk taat sama suami dibanding zaman dulu. Sekarang ga aneh kl kita saksikan suami bantuin istrinya cuci piring. Bantuin istrinya strika baju. Bantuin banyak hal. Walau istrinya ga kerja, di rumah saja. Jadi kurang apa lagi. Kondisi ini memudahkan istri untuk lebih taat sama suaminya. 

Sebenernya, dari 4 syarat diatas itu, yang lebih menantang adalah syarat yang paling terakhir. Tapi kl dibuat rileks, dibuat santai, dibuat mudah maka surga di rumah pun sudah bisa didapat buat seorang perempuan. Hidupnya malah bahagia jika dia taat sama suaminya. Suaminya jadi tambah sayang, suaminya jadi tambah setia. Bahkan yang lebih hebatnya, rejeki jadi lancar, rejeki jadi lapang kalau saja mau menjaga hubungan baik sama suaminya. Dibanding kl ribut melulu. Bertengkar melulu. Hati ga nyaman. Hidup bagaikan dalam siksaan. Jangankan rejeki mau dekat. Yang ada banyak musibah. Naudzubillah. Kita sering memprioritaskan melakukan amalan2 doa2 tertentu. Dzikir2 tertentu supaya lancar rejeki nya. Padahal buat perempuan, tanpa itu pun gampang. Yaitu baik sama suami. Taat sama suami. Berbuat ihsan. Jangan pernah berbuat sesuatu yang menyebabkan Allah dan para malaikatnya malah melaknat dan murka. Naudzubillah. 

Maka dari itu, wahai para perempuan. Jadilah manusia yang cerdas. Manusia yang mudah ambil peluang dan kesempatan ini. Potensinya masuk surga lebih gampang. Bahkan dirindukan surga dan pintu2 itu berebut memanggil untuk engkau masuki. Subhanallah. 

Tapi.....

Kenapa begitu mudahnya perempuan masuk surga, tapi Rasul mengatakan bahwa perempuan paling banyak di neraka. 


وَاطَّلَعْتُ فِي النَّارِ فَرَأَيْتُ أَكْثَرَ أَهْلِهَا النِّسَاء


 “Aku melihat kebanyakan penghuni neraka adalah para wanita.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Kenapa? Kenapa? Kenapa? Ayo kita renungkan. Kita berdoa semoga kita bukan diantara mereka yang masuk neraka. Tapi lagi2 tidak cukup dengan doa. Butuh aksi nyata. Berbuat baiklah kepada suami. Yukkk mulai sekarang juga, kita cek apakah kita termasuk yang mudah masuk surga? Karna ternyata penyebab perempuan paling banyak menghuni neraka, gara2 berurusan dengan suami. Masya Allahhh.

Penulis : Ustadz Suwandi Wirawan,Lc.

Wallahu a'lam bissowab

Hafiz Adriansyah
Hafiz Adriansyah Aku hanya seorang guru mengaji dan guru Agama Islam di sekolah Highscope Indonesia. Aku Alumni Gontor dan Al-Azhar Mesir. Semoga tulisan ini menambah wawasan dan ilmu yang bermanfaat untuk kita semua. Amien

Posting Komentar untuk "GAMPANGNYA PEREMPUAN ITU MASUK SURGA"