Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ALLAH ITU TERNYATA PENCEMBURU BANGET. MASA KAMU NGGA?

 ALLAH ITU TERNYATA PENCEMBURU BANGET. MASA KAMU NGGA?

(Hati2 sifat Dayyuts)


Ah masa sih? Iya kok beneran. Jarang yah kita baca sifat Allah yang seperti ini. Makanya saya nulis ini sebagai kelanjutan artikel2 saya sebelumnya mengenai makanan terlezat Iblis dan dosa takhbib. 

Cemburu? Sifat cemburu kan negatif. Eittt tar dulu. Ternyata itu sifat positif loh. Yang negatif adalah jika cemburunya berlebihan, posesif namanya. Kl itu mah cemburu buta tidak cerdas, dikuasai perasaan su'uzhon yang bikin pasangan suami istri malah jatuh pada perpecahan. Tapi kl cemburu saja, malah setiap dari kita disuruh untuk memilikinya sebagai bagian tanda orang beriman. Terlebih lagi apabila sudah berpasangan, suami istri atau menjadi orangtua yang memiliki anak. Kita lihat banyaknya kerusakan moral atas nama modernitas telah mengikis rasa cemburu itu. Walhasil, pintu perselingkuhan pun terbuka lebar hingga berujung pada runtuhnya bangunan rumah tangga atau merosotnya akhlak anak2 kita. Waduhhh ngeriiii. 

Lalu apa sih cemburu itu? Cemburu adalah perasaan tidak suka ketika kita melihat seseorang yang kita sayangi melakukan sesuatu yang kita tidak suka atau lebih memilih orang lain dibandingkan kita. Ini semua terjadi sebagai bukti tanda cinta kita. 

Jadi kita harus punya sifat ini. Kl kita suami atau istri, kita harus cemburu sama pasangan kita. Kl kita orangtua, kita pun harus cemburu sama anak2 kita. 

Loh loh kok kita terus, Allah nya mana? Oiya yah, tapi jangan lupa poin pentingnya, cemburu itu muncul karna ada cinta. Semakin besar cinta, semakin besar cemburunya. 


ALLAH SANGAT PENCEMBURU SAMA KITA (AL GHOYYUR) 

Allah itu pencemburu sama hambaNya karna besarnya cinta Allah. Emang bentuk cintanya Allah gimana? Ini coba kita amati!

Sangking cintanya Allah, kita diberikan seluruh fasilitas hidup, bumi sebagai hamparan, langit sebagai naungan, makanan berserakan, ikan bertaburan, binatang ternak tak terbilang. Pasangan hidup disediakan, anak-anak dianugerahkan dan Rasul pun dihadirkan sebagai pembimbing supaya kita bisa membalas cintaNya. Allah ga suka kl cintaNya bertepuk sebelah tangan, yang suka banget jika cintaNya itu dibalas oleh hambaNya. 

لَا أَحَدٌ أَغْيَرُ مِنَ اللهِ عز وجل

"Tidak ada siapa pun yang lebih pencemburu dibandingkan dengan Allah". (HR Bukhari & Muslim) 


Lalu Allah cemburu sama kita gimana caranya? Nah ini pertanyaan bagus. Jawabannya kita lihat hadits ini. 

إِنَّ اللهَ يُغَارُ وَغِيْرَةُ اللهِ أَنْ يَأْتِيَ الْمُؤْمِنُ مَا حَرَّمَ اللهُ. 

“Sesungguhnya Allah itu pencemburu dan kecemburuan Allah itu muncul manakala seorang mukmin mengerjakan apa yang diharamkan oleh Allah.” [HR. Al-Bukhari] 

Allah ga suka diduakan. Ditigakan dan seterusnya. Allah kepengen dipandang satu saja (ahad). Makanya cemburu banget sama yang berbuat syirik. Yang menyembah kepada selain Allah. Yang minta2 kepada selain Allah. Sampe2 dosa syirik itu dijadikannya sebagai dosa nomer wahid. Ga ada dosa yang paling besar dibanding kesyirikan. Nah itu dia, satuuu, Syirik. 

Lalu apa lagi? Nih dosa ga main2. Apa itu? ZINA. Allah cemburu banget sama dua insan yang berbuat zina. 

يَا أُمَّةَ مُحَمَّدٍ مَا أَحَدٌ أَغْيَرَ مِنَ اللهِ أَنْ يَرَى عَبْدَهُ أَوْ أَمَتَهُ تَزْنِي يَا أُمَّةَ مُحَمَّدٍ

Wahai umat Muhammad, tidak ada seorang pun yang lebih cemburu daripada Allah, ketika melihat hamba laki-laki atau hamba perempuan-Nya yang berzina,  wahai umat Muhammad.” (HR. Bukhari) 

Syirik, zina. Dua dosa yang paling dicemburui Allah. Aduhhh, gimana yah caranya supaya kita ga terjerumus di dalamnya. Yuk kita jaga diri dari mulai sekecil apapun yang mudah mendekatinya. Mau tau ga? Ternyata ada sahabat Rasul yang orangnya cemburuan banget. Namanya Sa’ad bin ‘Ubadah. Sangking cemburunya, dia jaga banget istrinya dengan ketat sampe2 dia pernah bilang gini: 

لَوْ رَأَيْتُ رَجُلًا مَعَ امْرَأَتِي لَضَرَبْتُهُ بِالسَّيْفِ غَيْرَ مُصْفَحٍ

“Seandainya aku melihat seorang laki-laki sedang bersama istriku pasti aku pukul dia dengan sisi pedangku yang tajam!” 


Aduhhh galak banget yah. Saat Rasul mendengar ucapannya sepontan beliau merespon: 

أَتَعْجَبُونَ مِنْ غَيْرَةِ سَعْدٍ لَأَنَا أَغْيَرُ مِنْهُ، وَاللَّهُ أَغْيَرُ مِنِّي

“Kalian terkejut dengan kecemburuan Sa’ad? Sungguh aku lebih cemburu daripada Sa’ad, dan Allah lebih cemburu lagi daripada aku.” (HR. Bukhari)

Ya, mencegah lebih baik daripada mengobati. Berapa banyak perzinahan dan perselingkuhan terjadi saat kita tidak sedari awal mencegahnya.

Rasulullah bilang lagi: “Sesungguhnya cemburu itu sebagian daripada iman, dan sesungguhnya berbicara dan berduaan  dengan istri orang lain itu merupakan kemunafikan”. (HR. Baihaqi) 

Hahhh? Ngeri banget. Iya begitu yang diucapkan Rasul. Ternyata terbukti kan! Banyak perselingkuhan gara2 yang tadinya hanya ngobrol dan berduaan. Ini catatan penting lagi: 

1. PARFUM. Hati2 suami yang istrinya kl keluar rumah terlalu wangi. 

أَيُّمَا امْرَأَةٍ اسْتَعْطَرَتْ فَمَرَّتْ عَلَى قَوْمٍ لِيَجِدُوا مِنْ رِيحِهَا فَهِيَ زَانِيَةٌ

“Seorang perempuan yang mengenakan parfum berlebihan lalu dengan sengaja  melewati sekumpulan laki-laki agar mereka mencium bau harum yang dia pakai maka perempuan tersebut adalah seorang pelacur.” (HR. An-Nasa’i, Abu Daud, Tirmidzi, dan Ahmad). Ya Rabbiii. 


2. IPAR. Hati2 dengan adik atau kakak ipar. Merekapun harus dibatasi loh. 

إِيَّاكُـمْ وَالدُّخُولَ عَلَى النِّسَاءِ، فَقَالَ رَجُلٌ مِنَ اْلأَنْصَارِ: يَا رَسُولَ اللهِ، أَفَرَأَيْتَ الْحَمْوَ! قَالَ: الْحَمْوُ الْمَوْتُ

“Janganlah kalian masuk (ke tempat) wanita.” Lalu seorang laki-laki dari kaum Anshar berkata, “Wahai Rasulullah, bagaimana pendapatmu dengan al-hamwu (ipar)?” Beliau  menjawab, “membiarkan al-Hamwu tanpa batas itu bunuh diri.” (HR. Muslim) 

Maksud bunuh diri adalah yang paling berbahaya. 

4. PENUTUP AURAT. Bagi seorang suami dan ayah, ayooo mikir2 lagi kl istrinya atau anak perempuannya belum menutup aurat. Sebab kondisi ini bisa menjebak kita pada julukan orang yang kurang sempurna imannya. Perlu dipertanyakan seberapa besar cinta kita sama mereka. Karna orang yang besar cintanya, pasti akan cemburu bila membiarkan kehormatan aurat mereka masih dipandang orang lain dengan mudah. 


5. ANAK2 KITA. Cemburu sama mereka pun adalah suatu keharusan. Laki2 apalagi yang perempuan sudah baligh. Kadang kita merasa aman membiarkan anak perempuan kita dijemput laki2. Malam minggu kek, atau malam2 yang lain. Atau merasa tak khawatir anak laki2nya membawa anak perempuan orang. Hati2 dengan julukan DAYYUTS. 

ثَلَاثَةٌ لَا يَنْظُرُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلَيْهِمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ: الْعَاقُّ لِوَالِدَيْهِ، وَالْمَرْأَةُ الْمُتَرَجِّلَةُ، وَالدَّيُّوثُ

“Ada tiga orang yang tidak akan Allah lihat pada hari kiamat: orang yang durhaka kepada kedua orang tuanya, wanita yang meniru gaya lelaki, dan dayuts.” (HR. Ahmad) 

Apa itu DAYYUTS? 

ad-dayyuts adalah seorang suami atau bapak yang membiarkan tercabik-cabiknya kehormatan dalam keluarganya. Sifat Dayyuts adalah lawan dari sifat cemburu. 

Wooowww ngeriii. Bismillah ayo kita hiasi diri kita dengan sifat cemburu. Semoga ini menjadi inspirasi buat saya dan semua yang baca.

Wallahu a'lam bissowab

Penulis : Ustadz Suwandi Wirawan, Lc.

Hafiz Adriansyah
Hafiz Adriansyah Aku hanya seorang guru mengaji dan guru Agama Islam di sekolah Highscope Indonesia. Aku Alumni Gontor dan Al-Azhar Mesir. Semoga tulisan ini menambah wawasan dan ilmu yang bermanfaat untuk kita semua. Amien

Posting Komentar untuk " ALLAH ITU TERNYATA PENCEMBURU BANGET. MASA KAMU NGGA? "