Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RUKUN ISLAM ( ZAKAT )

ZAKAT

BERBAGI HARTA DENGAN SESAMA

Coba kita renungkan. Kalau jadi kita sih, enak. mau apa-apa tinggal minta kepada orang tua kita. Sebab, Allah menitipkan harta yang cukup kepada orang tua kita. Tetapi, Coba lihat teman-teman kita yang lain. Ternyata banyak lho!, di antara mereka yang tidak punya uang untuk biaya sekolah dan bahkan untuk makan saja susah. Mari kita bantu mereka yuuk.....

Zakat artinya membersihkan harta. Jadi berzakat itu bukan memberikan harta kita, tetapi mengembalikkan harta kepada pemiliknya. Karena dalam harta kita ada harta orang fakir, miskin dan orang yang berhak lainnya. Agar harta menjadi bersih dan bertambah berkah, kita harus memberikannya kepada pemiliknya.Itulah amanat yang Allah sampaikan ke kita, bila kita memiliki harta.


SALING MENGASIHI



Dengan berzakat, harta tidak akan berputar di antara orang-orang yang kaya saja. Zakat juga membuat orang kaya dan orang miskin menjadi saling mengasihi, dan saling menyayangi. Sehingga mengurangi pencurian, dan kejahatan-kejahatan yang lainnya. Karena saling menjaga dan mengasihi.


BALASAN ORANG-ORANG YANG BERZAKAT 


Allah, Akan memberi balasan 700 kali lipat dari harta yang kita infakkan. Seperti yang Allah janjikan didalam Al-Qur'an, surat Al-Baqoroh ayat 261. Pastinya kita ngga akan rugi kalau mengeluarkan zakat dan bahkan makin berkah. bertambah dan bertambah. 



Mereka yang 8 golongan berhak menerima zakat yaitu :

  1. FAKIR
  2. MISKIN
  3. ORANG YANG SEDANG DALAM PERJALANAN
  4. BUDAK (ORANG YANG BELUM MERDEKA)
  5. ORANG YANG BERJUANG DIJALAN ALLAH
  6. PANITIA ZAKAT
  7. MU'ALLAF (ORANG YANG BARU MASUK ISLAM)
  8. ORANG YANG DILILIT HUTANG


ZAKAT ADA MACAMNYA 


1. ZAKAT FITRAH
Adalah zakat yang hanya dikeluarkan ketika dibulan Ramadhan. hukumnya fardhu ain (setiap kita harus melaksanakannya) 


2. ZAKAT MAL
Adalah zakat penghasilan ada beberapa jenis harta yang wajib dizakati yaitu :
  • zakat hasil ternak
  • zakat hasil tambang
  • zakat emas dan perak
  • zakat hasil laut
  • zakat hasil sawah atau kebun
  • zakat hasil perniagaan
Hafiz Adriansyah
Hafiz Adriansyah Aku hanya seorang guru mengaji dan guru Agama Islam di sekolah Highscope Indonesia. Aku Alumni Gontor dan Al-Azhar Mesir. Semoga tulisan ini menambah wawasan dan ilmu yang bermanfaat untuk kita semua. Amien

Posting Komentar untuk "RUKUN ISLAM ( ZAKAT )"