Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RUKUN IMAN (IMAN KEPADA MALAIKAT)

MALAIKAT ALLAH

MAKHLUK YANG PATUH DAN SETIA KEPADA ALLAH



Allah SWT, menciptakan makhluk yang unik tercipta dari cahaya, yaitu Malaikat. Jumlahnya tak terhitung, banyak sekali. Mereka selalu melaksanakan dan menuruti perintah Allah SWT. Mereka tidak perlu makan, minum, istirahat, tidur, nonton tv dan bahkan tidak memiliki keinginan apa pun. kecuali hanya menyembah dan menuruti Allah SWT.



MENJALANKAN TUGAS DARI ALLAH

Allah SWT, mengatur semua hal yang terjadi di alam ini. Allah SWT memberi rezeki, menurunkan hujan, menentukan kematian, menulis perbuatan amal manusia, dan banyak lagi. Allah Maha Kuasa, menugaskan malaikat untuk melakukan semua itu.

Tugas-tugas Malaikat Allah :


  1. Malaikat Jibril : Penyampai Wahyu
  2. Malaikat Mikail : Penyampai Rezeki
  3. Malaikat Isrofil: Peniup sangkakala
  4. Malaikat Izroil : Pencabut nyawa
  5. Malaikat Munkar : Bertanya dalam kubur
  6. Malaikat Nakir  : Bertanya dalam kubur
  7. Malaikat Raqib  : Pencatat kebaikan (pahala)
  8. Malaikat Atid   : Pencatat keburukan(dosa)
  9. Malaikat Malik  : Penjaga Neraka
  10. Malaikat Ridwan : Penjaga Surga

ALLAH MAHA HEBAT

Seorang Raja dianggap hebat karena memiliki pengawal yang banyak dan kuat. Sedangkan, Allah Maha Hebat karena Allah dapat menciptakan pengawal dan pesuruh yang banyak dan kuat yaitu Malaikat Allah.

SELALU MENJAGA KITA


Allah SWT, memerintahkan malaikat-Nya berjaga secara bergantian, didepan dan belakang kita. Ada malaikat yang bertugas pada malam hari dan ada yang bertugas pada siang hari, Yaitu Malaikat Hafadzah. Karena itu, kita jangan takut tidur sendiri atau pergi ke kamar kecil pada malam hari ya!....

APA YANG BERBEDA MALAIKAT DENGAN CIPTAAN ALLAH YANG LAIN

Berbeda dengan manusia, tumbuhan, atau binatang. Malaikat tidak memiliki jenis kelamin, tidak ada laki-laki atau perempuan

Al-Qur'an menyebutkan malaikat itu mempunyai sayap. Sayapnya ada yang dua, tiga atau empat. Tetapi, kita tidak tahu bagaimana bentuk sayap-sayap itu.

Malaikat tidak akan mati sebelum datangnya hari kiamat. Sebab, mereka semua harus mengerjakan semua perintah Allah SWT. Karena itu, Jumlahnya tidak dapat bertambah atau berkurang. 


Hafiz Adriansyah
Hafiz Adriansyah Aku hanya seorang guru mengaji dan guru Agama Islam di sekolah Highscope Indonesia. Aku Alumni Gontor dan Al-Azhar Mesir. Semoga tulisan ini menambah wawasan dan ilmu yang bermanfaat untuk kita semua. Amien

Posting Komentar untuk "RUKUN IMAN (IMAN KEPADA MALAIKAT)"