Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RUKUN IMAN ( IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH )

KEIMANAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH

KITAB SUCI DARI ALLAH 

Beberapa Nabi dan Rasul dibekali buku oleh Allah SWT, untuk di sampaikan kepada umatnya.
Buku ini disebut dengan kitab. Kitab ini berisi pegangan dan peraturan hidup manusia. Ada empat kitab yang harus kita ketahui dan percayai, Yaitu Zabur, Taurat, Injil dan Al-Qur'an. Al-Qur'an adalah kitab suci terakhir yang Allah Turunkan kepada Nabi Muhammad SAW untuk seluruh umat manusia. Dengan Al-Qur'an kita akan mengenal baik dan buruk serta pastinya kita akan dapat menjalani hidup dengan baik.

SEBAGAI CONTOH, AGAR TIDAK SALAH PAKAI.


Setiap peralatan selalu disertai buku panduan. Tanpa buku itu, mungkin alat tersebut tidak akan bergun, bahkan dapat membahayakan. Naaah, maka dari itulah Allah SWT menurunkan kitab suci agar manusia tidak tersesat dalam kehidupan.

NABI MUSA MENERIMA WAHYU KITAB TAURAT DI BUKIT THURSINA (BUKIT SINAI)




Di bukit Thursina, Allah SWT langsung berbicara kepada Nabi Musa AS. Karena itulah, Nabi Musa diberi gelar KALAMULLAH. Artinya orang yang sering diajak berbicara langsung oleh Allah SWT. Kitab Taurat diberikan Allah untuk Nabi Musa dan Kaumnya. Kitab ini berisi hukum-hukum yang harus mereka ta'ati. Ajaran dalam Taurat juga ada didalam Al-Qur'an. Sebetulnya, orang-orang Yahudi mengakui kebenaran Al-Qur'an, tetapi mereka tidak mau untuk mengikuti ajarannya. Mereka menginginkan nabinya berasal dari Yahudi, sedangkan Nabi Muhammad SAW. Berasal dari bangsa Arab.

Didalam Taurat, Allah sampaikan dan ini inti dari ajaran Taurat ;


  1. Cintailah ALlah SWT yang satu.
  2. Sebutkanlah nama Allah SWT dengan hormat.
  3. Sucikanlah hari Tuhan (hari Sabtu)
  4. Hormati ibu dan ayahmu 
  5. Jangan membunuh
  6. Jangan melakukan hal yang tidak baik
  7. Jangan mencuri
  8. Jangan Berbohong
  9. Jangan berpikiran kotor
  10. Jangan ingin memiliki harta orang lain dengan cara yang tidak baik.



NABI DAUD MENERIMA WAHYU KITAB ZABUR, NYANYIAN KITAB SUCI YANG MERDU

Jual Komik Nabi Daud As Nabi Bersuara Merdu di lapak Tawaqal ...
Nabi Daud AS, sering bernyanyi dengan suara yang sangat indah dan merdu. Nyanyian itu disebut mazmur, artinya nyanyian dan do'a. Kumpulan mazmur itulah yang disebut dengan Zabur, didalamnya terdapat 150 mazmur.

Didalam kitab zabur adalah
  1. Puji-pujian untuk Allah
  2. Bersyukur kepada ALlah
  3. Ratapan dan Renungan
  4. Do'a
  5. Nyanyian untuk seorang Raja

NABI ISA MENERIMA WAHYU KITAB INJIL


Nabi Isa AS, yang diberikan kitab Injil dari Allah SWT yang murni. Tetapi ada beberapa pengikutnya yang memasukkan karangannya sendiri ke dalam Injil. Mereka adalah Matius, Markus, Lukas dan Yahya. Karena itulah, Kitab Injil diberi nama berdasarkan pengarangnya : Injil Matius, Injil Markus, Injil Lukas dan Injil Yahya.

Orang Nasrani atau kristen hanya membaca Injil terjemahan. Mereka menyadari bahwa injil yang mereka baca telah mengalami banyak perubahan dan penambahan.


NABI MUHAMMAD SAW MENERIMA WAHYU KITAB AL-QUR'AN, KITAB YANG MENYEMPURNAKAN KITAB-KITAB SEBELUMNYA


Al-Qur'an adalah mukjizat Nabi Muhammad yang berisi semua yang kita butuhkan dalam hidup ini. Al-Qur'an adalah penyempurna kitab-kitab sebelumnya. Dari dahulu hingga sekarang,Isi Al-Qur'an tatap sama. Karen Allah selalu menjaga kemurnian dan keaslian Al-Qur'an.

Secara garis besar, Al-Qur'an berisi ;
  1. Akidah atau pokok-pokok keimanan
  2. Hukum atau aturan mengenai ibadah dan kemasyarakatan
  3. kisah para Nabi dan orang-orang shaleh 
Al-Qur'an adalah pedoman kita di dunia ini, tidak ada buku atau kitab yang paing komplet dan sempurna kecuali Al-Qur'an. Kitab itu telah menjadi sumber ilmu pengetahuan. Keindahan dan keunikan susunan kata-katanya tidak ada bandingannya. Isi Al-Qur'an lebih lengkap dibandingkan buku-buku lain. Kata-katanya lebih indah daripada syair-syair lagu. kita tidak akan bosan membacanya. Kita pun tidak akan pernah selesai mempelajarinya karena dibuat oleh Allah SWT.


Hafiz Adriansyah
Hafiz Adriansyah Aku hanya seorang guru mengaji dan guru Agama Islam di sekolah Highscope Indonesia. Aku Alumni Gontor dan Al-Azhar Mesir. Semoga tulisan ini menambah wawasan dan ilmu yang bermanfaat untuk kita semua. Amien

Posting Komentar untuk "RUKUN IMAN ( IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH )"